7 Hal yang Membuat Kulit Kusam, Kamu Harus Tahu!

Kulit kusam adalah suatu keadaan saat kondisi kulit menunjukkan tanda-tanda terlihat tidak sehat, terasa kering, tekstur kulit terlihat kasar, warnanya terlihat lebih gelap dari biasanya dan tidak merata karena penumpukan sel-sel kulit mati yang terjadi. Hal ini disebabkan oleh banyak hal. Karena jarang membersihkan wajah, karena perubahan hormon dan sebagainya. 


image : dok pribadi

Hal-hal apa saja yang bisa bikin kulit kusam? Berikut penjabarannya,

1 Polusi

Debu dan kotoran serta zat emisi kendaraan bermotor meskipun sangat kecil tapi mampu menyusup ke dalam lapisan di dalam kulit kita. Hal ini disebabkan karena ukurannya dua puluh kali lebih kecil dibanding ukuran pori-pori. Jika hal ini terjadi terus menerus dan kita tidak membersihkan kulit wajah dengan telaten dan cenderung abai, maka akan terlihat nanti permukaan kulit akan menjadi kering, kasar dan warna kulit akan terlihat tidak merata.

2 Pola makan

Pola makan yang tidak teratur dan kurang asupan nutrisi bisa membawa pengaruh buruk pada kesehatan kulit. Misalnya vitamin. Saat kulit kekurangan vitamin C, maka akan menyebabkan kadar kolagen di dalam tubuh menurun dan ini akan menyebabkan terjadinya sejumlah masalah pada kulit. seperti kulit kusam dan permukaan kulit terlihat kasar.


3  Dehidrasi

Dehidrasi pada kulit bisa disebabkan oleh kurang minum air putih karena pola hidup yang berantakan. Sebab itu penting sekali untuk memperhatikan asupan air ke dalam tubuh.

4 Pola istirahat

Kurang tidur bisa membuat pengaruh buruk pada kesehatan tubuh dan efeknya juga akan terlihat pada kulit yang biasanya akan terlihat kering, lebih kusam dan terlihat menua. Apalagi buat kamu yang suka nongkrong, begadang dan merokok. Sebaiknya mulai diatur pola tidur atau pola istirahatnya. Karena tubuh juga punya hak untuk diurus dengan baik oleh si pemiliknya.

5 Paparan sinar UV

Paparan sinar UV yang terdiri dari dua jenis yaitu UV A dan UV B yang memiliki intensitas masing-masing membawa pengaruh buruk pada kulit wajah yang tanpa pelindung tabir surya. Sebaiknya mulai sekarang bekali diri dengan tabir surya dan jangan lupa mengenakan tabir surya sebelum meninggalkan rumah.

6 Stress

Faktor psikologis berupa beban pikiran yang bisa bikin stress akan  membawa pengaruh buruk juga pada  kesehatan kulit.  Ya, meski ini psikologis namun akan terbaca pada kondisi kesehatan kulit seseorang. Paling umum terlihat adalah kulit kusam dan ada juga yang timbul jerawat.


image: dokpri

7 Malas  

Paling umum adalah saat harus dandan ke suatu acara dan pulangnya bukannya langsung membersihkan riasan wajah, eh malah sibuk dengan kegiatan lain. Nah, ini harus dihindari. Jangan malas melakukan perawatan termasuk dalam melakukan pembersihan kulit wajah. Sebab, setiap hari akan ada sel kulit yang mati dan berganti sel kulit baru. 

Sel kulit mati menumpuk jika kamu tidak membersihkannya. Kamu yang malas sebaiknya mewaspadai hal ini karena kulit manusia secara normalnya akan mati dan berganti kulit baru. 

Sel-sel kulit mati ini ada yang bisa mengelupas secara alami ada juga yang tidak. Namun jika ternyata kamu sudah mulai merasakan kulit kusam, sebaiknya segera melakukan perubahan dalam segala hal. Lama-lama juga nanti akan terbiasa dengan pola hidup yang lebih teratur dan sehat.

Untuk produk perawatan kulit kusam, bisa diawali dengan membersihkan kulit wajah dengan menggunakan susu pembersih yang sesuai dengan jenis kulitmu. Lalu menggunakan toner. Dilanjutkan dengan menggunakan serum khusus untuk mencerahkan kulit. 

Komentar

Postingan Populer