Lapisan Pelindung Kulit Rusak Karena Polusi?

Dunia memang sedang tidak baik-baik saja. Polusi udara dan cuaca panas ekstrim yang terjadi saat ini menimbulkan kecemasan baru. Terutama kecemasan akan adanya masalah pada kulit wajah. Siapa sih yang mau kalau kulit wajahnya menjadi  terlihat kusam, tidak bercahaya atau tidak glowing lagi?

Image: dok pribadi 

Waah, masalah banget ini! Dan harus segera ditangani.
Tetapi apa sih sebenarnya yang terjadi pada kulit wajah kita. Mengapa kulit wajah bisa menjadi berubah warnanya jadi tidak merata gitu? Belum permukaannya menjadi kasar. Kemerahan. Sensitif. Dan muncul flek-flek hitam dan garis-garis halus.

Skin Barrier

Kulit kita sebenarnya memiliki lapisan pelindung alamiah. Inilah yang disebut skin barrier atau pelindung kulit. Kalau pelindung rusak dan bermasalah, tentu saja kerusakannya tidak main-main. Apalagi pelindung kulit yang tipis seperti skin barrier ini. 

Skin barrier atau memiliki nama lain stratum korneum atau acid mantle adalah berupa lapisan yang terletak pada bagian  terluar dari kulit. 

Dia ini terdiri dari susunan asam  lemak yang membuatnya bersifat sedikit asam ditambah dengan ceramide dan kolesterol. 

Dan sekarang...

Kulit jadi kering, kusam, rentan terhadap beragam masalah.

Lalu, apa yang harus kita lakukan?

Ya, tentu saja menghindari penyebab masalahnya.

Beberapa masalah pada kulit ditimbulkan oleh sejumlah hal berikut,

- Cuaca ekstrim

- Kosmetik yang tidak cocok

- Paparan bahan kimia

- Dermatitis

- dll

Bagaimana dong, apabila sudah terjadi kerusakan pada pelindung kulit kita?

Skin barrier yang sudah rusak mesti segera diatasi. Banyak cara yang dilakukan oleh banyak orang untuk mengatasi masalah ini.

Baik dengan menggunakan cara tradisional maupun cara modern.  Meskipun tetap tak ada cara instan untuk secepatnya bisa kembalikan kondisi skin barrier ke fungsi semula. Yang dibutuhkan adalah keseriusan dan konsistensi.


Image: dok pribadi 

Kondisi kulit yang kering, kemerahan, kusam, teksturnya kasar dan warnanya tidak merata. Hal ini pasti sangat memprihatinkan. Salah satunya cara yang bisa dipakai adalah dengan menggunakan pelembab atau moisturizer.

Pelembab  bukan sembarang pelembab yang memiliki beragam kandungan bermanfaat untuk solusi skin barrier rusak. Hal ini akan sangat membantu dalam proses perbaikan skin barrier agar bisa kembali seperti sedia kala.

Jangan lupa beli hanya di olshop terpercaya di marketplace berikut untuk mengetahui pelembab apa yang bisa menjadi solusi saat skin barrier rusak



Komentar

Postingan Populer