Simak 7 Cara Memilih Toner Yang Benar Ini

Menjaga kulit wajah kita agar tetap sehat, cerah, bersinar alami alias glowing tentu saja merupakan tugas kita sendiri. Siapa pula yang tak ingin punya wajah glowing, kan? 

image : pribadi

Memangnya hal apa saja sih yang bisa bikin kulit wajah kita bermasalah? Sebenarnya, jika skin barrier yang merupakan lapisan epidermis terluar kulit, yang juga merupakan pelindung alami kulit tidak mengalami kerusakan, maka dia sangat bisa diandalkan, lho! Karena skin barrier memiliki peranan sangat penting di dalam menjaga kulit kita agar tetap sehat dan terjaga dari bermacam agresi eksternal.

Masalah yang timbul pada skin barrier ini bisa dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit wajah, seperti kulit kering, iritasi, dan juga termasuk dermatitis.

image: pribadi

Memilih toner yang benar dan tepat merupakan sebuah langkah penting di dalam memperbaiki sekaligus memperkuat skin barrier.

Berikut  panduan lengkap terkait cara memilih toner yang benar dan  efektif untuk solusi masalah skin barrier kamu.

1.Pilih toner dengan kandungan bahan berikut, hyaluronic acid, glycerin, ceramides dan niacinamide. Bahan-bahan tersebut bisa membantu memperkuat skin barrier plus menambah tingkat kelembaban kulit.

2.Pilihlah toner yang non alkohol atau tidak mengandung alkohol. Kenapa? Kan toner gak diminum?

Karena kandungan alkohol bisa membuat kulit kering sekaligus mampu merusak lapisan pelindungnya. Jadi opsinya adalah dengan memilih  toner berbasis air atau toner yang alkohol-free agar kelembapan kulit tetap  terjaga.

3. Perhatikan pH Toner

Pilihlah toner yang memiliki pH seimbang yang mirip dengan pH kulit manusia. Yaitu  sekitar 4,5-5,5. Karena toner dengan pH yang sesuai  ini bisa mampu menjaga keseimbangan alami skin barrier kamu.

4. Pilih Toner Antioksidan:

Memilih toner yang memiliki kandungan  antioksidan misalnya, vitamin C atau vitamin E, bisa membantu menjaga kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

5. Hindari penambah aroma dan warna 

Pilihan toner yang bebas pewangi dan pewarna dan  buatan merupakan opsi yang bijak. Bahan-bahan kimia tambahan ini bisa menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Teruta jika kulitmu termasuk jenis kulit yang  sensitif.

6. Lakukan patch test

Gunanya adalah untuk tes reaksi alergi dan iritasi. Untuk memastikan supaya kulit kita kita cocok dengan toner tersebut. Caranya adalah dengan melakukan uji pakai toner pada area kecil terlebih dahulu sebelum diaplikasikan pada seluruh area kulit wajah kita.

7. Konsultasi Ahli

 Jika kulit wajahmu sudah terlanjur memiliki masalah skin barrier yang serius, jangan segan-segan untuk segera berkonsultasi dengan ahli terkait. Misalnya ke dokter spesialis kulit atau dermatologis.

Jadi, dapat kita simpulkan bahwa memilih toner yang benar dan tepat merupakan hal yang sangat penting.  Berikut opsi pilihan toner yang bisa kamu pakai yang akan dibahas di artikel di halaman berikutnya.



Komentar

Postingan Populer